Mempercepat Loading Halaman BLOG


Dibawah ini beberapa hal yang harus diperhatikan para pemilik blog agar loading halaman blognya cepat :

Web Hosting

Hal ini kadang bahkan paling banyak diabaikan oleh para pemilik blog, seakan web hosting dimanapun akan sama saja. Hal ini karena trend atau informasi yang keliru tentang web hosting, disini pengaruh blogger sangat kuat terhadap blogger lainnya. Trend web hosting diantara blogger plus bonus DNS (Domain Name Service) dengan alamat blog yang pendek dan keren menjadi daya tarik para pebisnis web hosting untuk mempengaruhi para blogger. Mereka kadang tidak memperhatikan pelayanan yang harus diberikan kepada klien mereka yaitu para blogger. Pemilik blog juga mesti paham hal ini, satu hal yang mempengaruhi kecepatan loading halaman blog adalah bandwidth yang disediakan oleh web hosting tersebut. Kita harus memperhitungkannya karena blog kita akan diakses dari berbagai belahan dunia dan apakah ada jaminan bahwa bandwidth yang disediakan itu akan tetap stabil. Alih-alih banyak para blogger yang tadinya dengan gagah memperkenal blog baru mereka dan ternyata setelah berjalan beberapa bulan hilang dari belantara dunia maya. Pastikan bahwa web hosting yang dipilih terkenal handal dan stabil serta bagus dalam pelayanan. Jika ragu dengan web hosting, custom domain adalah pilihan yang sangat bijak.

Desain tampilan
Berikut atribut blog yang menguras bandwidth :

1. Gambar yang beresolusi tinggi dan berukuran besar. Hindari pemasangan gambar dengan resolusi tinggi, berukuran besar dan berjumlah banyak karena hal ini akan memperlambat proses loading halaman blog kita. Pasanglah gambar yang dirasa cukup penting, banner dengan ukuran tidak lebih dari 125 x 125 pixel dengan jumlah tidak lebih dari 6 banner, dan hindari menggunakan background halaman berupa gambar. Jika banner yang akan ditampilkan mengharuskan berukuran lebar kita bisa menggunakan random ads banner sebagai solusinya.

2. Animasi berformat flash. Hindari penggunaan animasi yang berformat flash (swf) pada halaman utama atau header blog, karena hal ini menguras bandwith pengunjung dan memperlambat proses loading main page. Selain berat browser harus terinstall plugin flash, ini membuat browser stress bahkan not responding.

3. Script code buatan kita atau dari pihak ketiga yang berlebihan. Hindari penggunaan script yang berlebihan baik itu buatan kita maupun pihak ketiga, terutama yang berformat javascript dan ajax. Penggunaan script yang berlebihan membuat browser harus membaca data berulang-ulang, mengecek alamat url tertentu bahkan sampai harus menampilkan jendela baru dengan halaman baru. Beberapa pengunjung pada dasarnya kesal terhadap blog-blog yang menggunakan script pancingan untuk menampilkan halaman lain (biasanya iklan popup).

4. Pemilihan warna utama yang tidak tepat. Warna dasar adalah warna yang mampu ditampilkan monitor dengan baik, yaitu Black – White – Red – Green – Blue yang kemudian di dunia elektronika dikenal dengan B/W RGB. Pemilihan warna utama blog sebaiknya menggunakan warna dasar yang dapat ditampilkan monitor dengan baik (Hitam – Putih – Merah – Hijau – Biru), hal ini sangat berpengaruh terhapad browser dalam hal loading dan monitor pengunjung yang rata-rata menggunakan monitor CRT. Warna yang terlalu bervariasi (misal hasil percampuran warna sekunder CMYK) selain membuat mata pengunjung lelah juga sangat menguras resource VGA Card, ini bukan hanya menurunkan kecepatan loading dari sisi jaringan tetapi juga menurunkan kecepatan komputer kita.

5. Urutan loading script yang tidak teratur. Hindari pembuatan script yang berulang dan tidak teratur. Dalam dunia reversing dikenal looping jumping, sama halnya dengan pembuatan software yang urutan script-nya tidak teratur akan membuat software menjadi sangat lambat untuk digunakan, karena karakter script yang looping jumping adalah karakter virus jika didalam komputer. Begitu pula dalam script website, harus berurutan dan hindari pengulangan script. (Sepertinya hal ini hanya para webmaster yang paham)
6. Penggunaan script yang belum diakui atau distandarisasi dan belum terintegrasi dengan browser. Hindari hal ini, bagi para blogger pemula jangan mencoba-coba script yang tidak umum dan belum dikenal. Ini juga sepertinya untuk konsumsi webmaster? Tetapi sampai hari ini bahasa ajax adalah bahasa yang lumayan memberatkan browser, entah kedepannya?

7. Jumlah posting yang ditampilkan banyak dan utuh (tidak terpenggal). Hindari menampilkan posting lebih dari 10, ideal 5 – 7 posting dihalaman utama, dan selalu gunakan pemenggalan artikel/posting (readmore) pada halaman utama.

Demikianlah 2 hal utama yang mempengaruhi loading halaman blog. Untuk para pengunjung blog juga mesti memahami bagaimana agar loading page halaman blog cepat jika kita menemukan blog yang berat.

About nellohl

Just For Fun in Here..!!! are you ok..?? Ready,,,,,,

Posted on July 12, 2010, in Tutorial Blog. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: